Apple Temukan Cara Lain Login ke Perangkat Tanpa Password

Jakarta, Selular. ID – Kata sandi sulit diingat  terutama bila menggunakan banyak layanan online dan mencoba (yang seharusnya) menggunakan kata sandi dengan kuat dan berbeda untuk masing-masing layanan. Tetapi sepertinya hal itu akan lekas ditinggalkan bagi pengguna Apple.

Dalam sesi pengembang WWDC berjudul “Move Beyond Passwords, ” insinyur Apple Garret Davidson menunjukkan fitur baru, yang menguatkan pengguna untuk mendaftar ke layanan online baru memakai ID Wajah atau ID Sentuh alih-alih kata sandi.

Fitur dengan disebut Passkeys di iCloud Keychain, akan hadir di iOS 15 dan macOS Monterey, dan harus dibantu oleh layanan pihak ketiga agar berfungsi. Menggunakannya sangat sederhana; ketika menemukan halaman “masuk” pada layanan hangat,

Pengguna hendak dapat mendaftar untuk itu dengan ID Wajah ataupun ID Sentuh, dan tidak perlu mengetikkan alamat untuk masuk ke layanan tersebut.

Seperti dikutip Apple Insider, teknologi tersebut bekerja dengan menggunakan penumpu WebAuthn terbuka untuk membuat sepasang kunci kriptografi, utama publik dan satu pribadi. Tidak seperti alamat, kunci pribadi – yang digunakan untuk membuktikan bahwa sungguh yang masuk ke layanan – tidak pernah dikirim ke server jauh.

Ini membuat kunci sandi lebih aman daripada kata sandi, faktanya, Apple mengklaim bahwa mereka makin lebih aman daripada menggunakan kata sandi bersama dengan semacam otentikasi dua ciri.

Kunci sandi pula mudah dipulihkan dan bertambah tahan terhadap phishing daripada alamat. Terakhir, mereka disinkronkan di semua perangkat Apple menggunakan iCloud, dan berlaku di berbagai aplikasi, beserta di web.

Baca Juga: 2% Penggunaan di App Store “Tipu” Pengguna Agar Keluarkan Kekayaan

Namun, sifat tersebut saat ini cuma berfungsi pada perangkat Apple, yang merupakan batasan dengan cukup besar. Apple berfungsi sama dengan mitra untuk menciptakan solusi yang bakal bekerja di perangkat lain juga.

Istimewa juga untuk dicatat bahwa kunci sandi di Pertalian Kunci iCloud akan diluncurkan sebagai pratinjau teknologi untuk diuji oleh pengembang serta dengan demikian akan dimatikan secara default saat peluncuran

Nantinya, Apple akan preview passkeys pada versi pengembang iOS, iPadOS, dan MacOS selanjutnya.