Huawei Siap Rilis Chipset Terakhir

Jakarta, Selular. ID – Huawei dikabarkan siap merilis chipset andalan final perusahaan, yakni Kirin 9000.

Laporan terbaru mengklaim kalau Huawei bakal menghadirkan prosesor Kirin 9000 pada bulan (Oktober) itu. Besar kemungkinan chip pintar itu bakal meluncur bersamaan dengan Huawei Mate 40, seperti dilaporkan Gizchina, Minggu (4/10).

Sebagai informasi, Kirin 9000 merupakan peningkatan dari Kirin 990 5G dengan menggunakan proses 7nm + EUV 3 TSMC. Kirin 9000 memakai proses terbaru TSMC dalam penerapan massal dengan proses 5nm.

Baca juga:   Kantongi Sertifikasi WiFi Baru, Huawei Mate X2 Segera Meluncur

Tentu saja, seri Mate 40 akan menjadi yang pertama memakai chip ini. Diharapkan Kirin 9000 terbenam pada Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, Mate 40 Pro +, dan mungkin Cetakan Porsche. Selain itu, ada selalu laporan bahwa tablet andalan Huawei akan menggunakan chip ini. Tersebut cukup mengejutkan mengingat ketersediaan Kirin 9000 SoC yang hanya terbatas.

Menurut sumber dalam rantai pasokan, Huawei menempatkan 15 juta pesanan Kirin 9000 ke TSMC. Namun karena keterbatasan periode produksi, TSMC tidak dapat mengerjakan pesanan secara penuh sebelum pemisah larangan. Produsen chip asal Taiwan itu hanya mampu mengirimkan 8, 8 juta unit.

Sudah menjadi rahasia umum kalau TSMC tidak akan dapat menyelenggarakan transaksi bisnis apa pun secara Huawei setelah tanggal 15 September. Hal ini disebabkan oleh kekangan AS terbaru terhadap Huawei. Itu juga berarti bahwa TSMC tak dapat lagi terus memproduksi prosesor Kirin. Dengan kata lain, Kirin 9000 menjadi andalan terakhir kongsi.