Jalan Menghitung Kuota saat Streaming YouTube

Jakarta, Selular. ID – YouTube ialah platform berbagi video nomor wahid besutan raksasa teknologi Google. Hampir seluruh kalangan di berbagai penjuru dunia mengunjungi YouTube untuk tahu konten menarik dari para bapak. Setiap bulan, lebih dari 2 miliar pengguna yang login menelungkupkan YouTube dan, setiap hari, orang menonton lebih dari satu miliar jam video dan menghasilkan miliaran kali penayangan.

Biasa para pengguna mengakses platform itu melalui perangkat seluler. Dan, pastinya tidak semua perangkat seluler terhubung ke jaringan Wi-Fi. Ada beberapa pengguna yang menggunakan jaringan seluler yang menggunakan kuota data (limited).

Banyak dari pengguna mungkin tidak memikirkan berapa kisaran total kuota yang dibutuhkan untuk streaming di YouTube. Pastinya, bagian yang dibutuhkan tidaklah sedikit, apalagi dengan resolusi video yang luhur.

YouTube memiliki pilihan resolusi video yang ditawarkan, mulai dari yang terendah (144p) hingga yang tertinggi (4K). Resolusi gambar tersebut berdampak pada kualitas video yang disiarkan, lebih rendah pernyataan, maka kualitas video tidak cantik, dan sebaliknya.

Biasanya, pengguna akan merubah resolusinya ke 480p atau tertingginya 720p. Sebab pada resolusi tersebut, sebuah hidup atau konten video masih playable ketika ditonton melalui smartphone.

Lalu, bagaimana sih cara menghitung kuota yang terpakai saat nonton streaming di YouTube?

Cara Menghitung Kuota Bahan YouTube

Pada perhitungan kali ini, kami mencoba untuk menghitung kisaran data yang terpakai pada resolusi 480 piksel. Menetapkan diketahui, ini merupakan perhitungan maujud, bisa saja kuota yang dimanfaatkan lebih besar atau lebih mungil.

Sebagaimana yang tercatat pada halaman resmi YouTube, ada bitrate untuk berbagai pilihan nilai video. Resolusi 480p memiliki bitrate antara 500-2000. Jika kita tangkap rata-rata bitrate tersebut adalah 1250 Kbps dan asumsi durasi satu menit (60 detik), maka perhitungannya seperti berikut:

Kita perlu untuk mengkonversi dari Kbps ke Mbps (1250 Kbps / 1000 = 1, 25 Mbps). Selanjutnya, dari Mbps kita harus konversi lagi ke MBps (1, 25 Mbps / 8 = 0, 156 MBps). Perlu diketahui, bahwa 1 Byte itu sepadan dengan 8 bit.

Setelah mendapatkan 0, 156 MBps, tinggal dikalikan dengan waktu menonton (0, 156 MBps x 60 detik = 9, 36 MB per menit). Itu permenit, bagaimana jika dikalikan 60 menit (3600 detik)? Totalnya 336 MB.

Lumayan besar bukan kuota yang dibutuhkan untuk streaming YouTube?

Jangan khawatir, karena ada paket data dari Smartfren yang menawarkan internet unlimited tanpa banyak aturan waktu. Kuota bukti unlimited Smartfren tentunya dapat dimanfaatkan 24/7 hari.

Datang dengan pilihan durasi yang lengkap, paket Smartfren Unlimited sebenarnya mempunyai banyak pilihan, mulai dari Paket harian seharga Rp9 ribu (1GB FUP/hari, 1 hari), paket mingguan Rp20 ribu (1GB FUP/hari, 7 hari), paket dwimingguan Rp40 ribu (1GB FUP/hari, 14 hari), paket bulanan Rp50 ribu (500MB FUP/hari, 28 hari), paket bulanan Rp75 ribu (1GB FUP/hari, 28 hari) dan paket bulanan Rp100 ribu (1, 5GB FUP/hari, 28 hari).

Paket-paket tersebut ada dalam voucher fisik dan sanggup juga dibeli melalui aplikasi MySmartfren.

Dengan adanya kartu perdana unlimited dari Smartfren, tentunya sangat membantu memaksimalkan pengalaman menonton YouTube apalagi di bulan Ramadan ini dengan #AntiPuasaKuota tanpa harus takut kehabisan kuota.