Kausa Apple dan Google Hapus Game Fortnite

Jakarta, Selular. ID – Apple mengumumkan keputusannya menghapus game Fortnite dari toko aplikasi App Store. Keputusan yang diambil Apple bukan tanpa sebab, pasalnya Epic Games sebagai pengembang telah menjemput langkah yang tak menguntungkan sebab melanggar pedoman App Store.

Seperti dilaporkan SlashGear, pembaruan Fortnite memungkinkan pemain membeli ceroboh uang dalam game dengan harga lebih murah jika membeli tepat dari Epic Games. Sementara, bila pembelian berlangsung di ekosistem Apple, ada potongan standar 30% daripada penjualan.

Epic menimbulkan fitur di aplikasinya yang tak ditinjau atau disetujui oleh Apple, dan mereka melakukannya dengan target melanggar pedoman App Store terkait pembayaran dalam aplikasi yang asi untuk setiap pengembang yang menjajakan barang atau layanan digital.

Keputusan ini menandai situ memanasnya perselisihan antara Epic Games dan Apple. Masalah ini pula datang pada saat yang sangat sulit bagi Apple terkait isu monopoli App Store dan petunjuk yang diberlakukannya pada pengembang tertentu.

Menurut Epic Games, para pemain iPhone yang sudah memasang game Fortnite tetap mampu bermain sampai ada pembaruan berikutnya. Setelah itu, sejumlah fitur akan hilang.

Para pengguna Fortnite di Mac juga tidak akan terpengaruh karena versi itu tak akan menggunakan App Store.

Baca Juga: Bandingan Aquaman Black Manta, Hadir pada Fortnite

Keputusan yang dialakukan Apple, kabarnya Epic Games tak tinggal diam. Kabarnya, pengembang game itu telah membawa kejadian ke meja hijau. Epic Games kemudian menggugat Apple dengan tuduhan monopoli dan melayangkan video penolakan yang ditayangkan di YouTube. Kongsi juga menyerukan tagar #FreeFortnite untuk mengajak para penggemar Fortnite menanggung perjuangannya melawan Apple.

Di sisi lain, Google serupa tampaknya menghapus Fortnite dari Om google Play. KabarnyaEpic Games juga menerapkan sistem pembayarannya sendiri di Fortnite versi Android, yang membuat Om google mengambil tindakan serupa dan menghapus game dari Play Store. Pengguna Android masih bisa mengunduh Fortnite menggunakan app launcher buatan Epic, yang didistribusikan secara independen melalui browser web seluler.