Petunjuk Samsung DeX untuk Pemula

Jakarta, Selular. ID – Smartphone keluaran terbaru menawarkan daya komputasi tinggi untuk menyelesaikan banyak suruhan, tetapi keterbatasan layar yang lebih sempit cukup mempersulit multitask. Zona, berbekal Samsung DeX yang tersambung ke monitor, keyboard dan mouse, memungkinkan Anda untuk melupakan laptop atau PC desktop selamanya.

Samsung DeX menjadi kurun baru komputasi desktop bertenaga seluler, memungkinkan pengguna mengubah smartphone menjelma PC dalam sekejab. Saat tersebut platform Samsung DeX sudah disematkan di banyak perangkat Samsung terbaru, termasuk Galaxy Note20 Series.

Untuk mulai menggunakan Samsung DeX, Anda membutuhkan monitor, adaptor HDMI, dan periferal. Dan dengan Galaxy Note20 baru, Anda sanggup menggunakan DeX secara nirkabel dalam sebagian besar TV yang menolong Miracast.

Jika Anda baru mengenal DeX, berikut arahan untuk membantu Anda memahami cara kerjanya dan manfaat yang bisa diberikan.

1. Menyesuaikan pengaturan tampilan layar
Saat pertama kali memakai DeX, Anda akan diminta untuk memeriksa apakah desktop ditampilkan secara benar di monitor atau TV Anda. Jika sudut desktop DeX tidak pas dengan tampilan, Anda harus masuk ke menu penggolongan monitor atau TV untuk menyelaraskan penskalaan. Ini biasanya terjadi di dalam TV yang gambarnya dapat diatur ke rasio aspek tertentu. Seleksi opsi “paskan ke layar” dan Anda sudah siap.

2. Mirroring layar versus mode DeX
Dalam menu pemberitahuan smartphone, Anda akan melihat beberapa opsi baru sesudah tersambung ke monitor, termasuk pilihan untuk berpindah antara mirroring layar dan mode DeX.

Seperti namanya, mirroring layar cuma akan mencerminkan apa yang tersedia di layar smartphone ke meng. Mirroring layar bermanfaat dalam kira-kira skenario, tetapi mode DeX meluluskan Anda pengalaman komputasi desktop dengan jauh berbeda dan dioptimalkan sepenuhnya untuk pekerjaan produktivitas di layar yang lebih besar. Ketuk informasi untuk masuk ke mode DeX.

3. Menggunakan smartphone jadi touchpad
Juga dalam menu notifikasi smartphone, Anda mau melihat opsi untuk menggunakan smartphone sebagai touchpad. Setelah memilih itu, Anda akan dapat menggunakan jari Anda atau S Pen untuk menavigasi dalam DeX.

Ini berguna jika Anda tidak memiliki mouse dan ingin mengambil aplikasi, PowerPoint atau video, terutama jika Anda menggunakan DeX dalam pengaturan presentasi. Saat menggunakan DeX di tablet, Anda juga sanggup menggunakan layar sebagai papan grafis untuk membuat sketsa dan menulis.

4. Luncurkan dan maksimalkan aplikasi seluler
Semua aplikasi inti Samsung dioptimalkan untuk DeX, artinya Anda dapat mengubah ukuran dan memaksimalkan aplikasi. Anda juga dapat menggunakan fungsionalitas klik kanan dan pintasan keyboard. Ada puluhan aplikasi pihak ketiga yang sepenuhnya dioptimalkan buat DeX, termasuk Microsoft Office suite, Adobe Acrobat Reader, Photoshop Lightroom, Photoshop Sketch, Gmail, Chrome, BlueJeans, GoToMeeting, dan semua klien VDI terkemuka, dan masih banyak lagi.

5. Aktifkan DeX Labs
DeX Labs menawarkan akses ke fitur “eksperimental” yang tidak didukung dengan resmi. Dua fitur saat tersebut termasuk memungkinkan DeX untuk memaksa aplikasi mengubah ukuran dan membuka otomatis aplikasi yang terakhir dimanfaatkan.

Untuk mengaktifkan, klik logo DeX di kanan bawah layar Anda, buka DeX Labs dan aktifkan fitur. Sekarang, masa Anda membuka aplikasi yang tak dioptimalkan untuk DeX, Anda mau diberi kesempatan untuk mengubah patokan secara paksa. Ini akan menguatkan Anda untuk melihatnya di jendela yang lebih besar atau makin dalam tampilan yang dimaksimalkan sepenuhnya.

Layar apa dengan bekerja dengan DeX?

Wired DeX dapat bekerja pada hampir semua monitor atau TV dengan port HDMI, namun, resolusi dan rasio aspek yang dibantu berbeda-beda, bergantung pada perangkat seluler dan adaptor yang digunakan. Sesudah menghubungkan ke monitor atau TV, buka Pengaturan Anda dan kelompok ke menu DeX.

Di sana Anda akan melihat resolusi layar yang didukung untuk pengaturan Anda. Anda mungkin pula perlu menyesuaikan setelan pada meng atau TV untuk memastikan konten tidak tumpang tindih dengan tepi layar.

Untuk DeX nirkabel, sebagian besar Smart TV dengan Miracast akan berfungsi, tetapi Samsung Smart TV yang dirilis mulai 2019 dan seterusnya menganjurkan pengalaman terbaik.