Program Terus Usaha, Grab Bantu UMKM Indonesia Hadapi New Normal

Jakarta, Selular. ID – Grab Indonesia meluncurkan program yang didedikasikan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Membuang (UMKM). Program Terus Usaha dikenalkan, agar UMKM dapat beradaptasi & berkembang di era tatanan baru pasca covid-19.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Nusantara menjelaskan, bisnis kecil merupakan tangkas punggung perekonomian Indonesia, namun 87% dari mereka masih offline. Secara situasi dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, mereka harus merangkul teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal.

Program Terus Usaha merupakan bagian dari komitmen GrabForGood dengan bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital.

Program ini dijelaskan Ridzki, mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan memajukan keterampilan UMKM, serta iklan percuma untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat memajukan penjualan.

Grab juga meluncurkan microsite yang dirancang istimewa bagi UMKM untuk memberikan trik dan juga pengetahuan lainnya supaya mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

“Program ini memperkuat kegiatan sama Grab dan pemerintah untuk menjawab tantangan Covid-19 yang sedang berjalan, sekaligus mendukung program #BanggaBuatanIndonesia, ”tutur Ridzki, dalam Media Brifing Online, di Jakarta (30/06/2020).

Dikatakan Ridzki, Grab akan meluncurkan berbagai inisiatif dalam enam bulan ke depan untuk membangun UMKM yakni:

  1. Meningkatkan Visibilitas dan Seruan untuk UMKM

Grab akan membantu puluhan ribu UMKM untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan mencuaikan penyediaan iklan gratis khusus dalam laman utama aplikasi. Grab serupa akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab, serta influencer media sosial yang bekerja sama secara Grab. Grab akan menanggung bea dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat materi pemasaran tersebut.

2. Menyerahkan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil

Peserta terpilih akan mengikuti kalender pelatihan selama 2, 5 kamar yang difokuskan pada:

Business Assessment: Fokus pada topik seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk
Product Review: Sesi bagi para ahli untuk menilai produk dan rencana bisnis dari para peserta
Konsultasi: Sesi untuk mempertimbangkan berbagai topik seputar ekspansi rekan, pengelolaan sumber daya, modal, & bantuan bisnis.

3. Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan

Grab juga memper inisiatif untuk membantu masyarakat yang mata pencahariannya terdampak akibat covid-19, untuk bergabung sebagai agen individu GrabKios. Mereka bisa menawarkan keluaran finansial dan digital seperti transmisi uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalaikan aplikasi GrabKios kepada komunitas kira-kira mereka.

4. Bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk digitaliasi bisnis tradisional

Grab semakin memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong masuknya usaha tradisional ke ekonomi digital.

Sementara Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Nusantara menekankan pentingnya kerja sama jarang sektor swasta dan sektor jemaah dalam membantu Indonesia melalui masa pandemi.

Diungkapkan Covid-19 memiliki dampak yang signifikan untuk kehidupan dan mata pencaharian klub Indonesia. Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa ini untuk berjalan maju dan bangkit sebagai kesatuan. Setiap individu harus memainkan peran mereka dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Sektor swasta juga dapat memainkan peran istimewa dalam mendukung pemulihan ekonomi.

“Digitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya, serta saya senang Grab mengambil karakter untuk mendukung Indonesia dalam perjalanan itu, ” Tutup Airlangga Hartarto.