Setelah 19 Tahun Beroperasi, Yahoo Groups Dipastikan Akan ‘Tutup Usia’

Jakarta, Selular. ID – Yahoo Groups sebuah layanan gratis dari Yahoo untuk masyarakat umum untuk mengadakan forum-forum diskusi berupa mailing list, bakal ditutup pada 15 Desember 2020 mendatang, setelah 19 tahun berfungsi secara daring.

Dikutip dari Zdnet , Selasa (13/10) Verizon yang mengambil Yahoo pada 2017 mengumumkan kesimpulan ‘beratnya’ tersebut pekan ini, melalaikan email yang dikirim ke pengguna Yahoo Groups dan juga perintah yang diposting di situs web Yahoo Groups. “Dengan berat absurd, kami memutuskan menutup Yahoo Groups pada 15 Desember 2020, ” tulis Yahoo.

“Kami harus mengambil keputusan sulit melanda produk-produk yang sudah tidak sedang sesuai dengan strategi jangka panjang kami. Sementara itu, kami serupa mempertajam fokus kami di wilayah bisnis lainnya, ” lanjut keteranganan Yahoo tersebut.

Menyuarakan juga:   Kapasitas CEIR Sempurna, Asus ROG Phone 3 Tidak Dapat Sinyal Operator

Tidak mengherankan memang sebelumnya servis yang hadir sejak tahun 2001 ini mengalami keterpurukan karena perlombaan, dan secara berlahan mulai kematian sebagian besar basis penggunan aktifnya yang dulu sangat besar.

Verizon yang masuk kedalam Yahoo pun dikabarkan tidak mampu membawa perubahan yang berarti, lemah laun penurunan pengguna layanan Yahoo semakin deras. Selain itu, banyak pengguna yang diketahui beralih ke layanan premium atau berbayar, alih-alih layanan gratis seperti Yahoo Groups.

Mulai hari itu setelah penguguman diberikan, pengguna Yahoo Groups kini tidak bisa melaksanakan group baru. Yang tetap rajin hanyalah fungsi email, namun itu juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020. Di tanggal tersebut, Verizon berencana menutup semua infrastruktur Yahoo Groups dan mengakhiri masa internet awal.

Verizon juga mendorong semua anggota Yahoo Groups yang tersisa untuk menyusun dan beralih ke message boards dan meeting places sebelum fungsi email tiba dimatikan.

Secara kinerja, Yahoo Group sama seperti jalan sosial, mempertemukan atau mengumpulkan orang dengan ketertarikan yang sama buat membuat komunitas di dunia imajiner melalui surel. Sebagai sebuah milis, Yahoo Groups tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi melalui surel ke banyak orang dengan cepat. Akan tetapi Yahoo Groups juga menawarkan kurang fitur yang menarik yaitu sebagai tempat untuk berbagi foto, suruhan dan data, melakukan poling serta mencatat kejadian di kalender Groups.