Warga Banten dan Bekasi Bisa Tukar Pajak Dengan Gopay

Jakarta, Selular. ID – Warga Banten dan Kota Banten, kini dapat membayar retribusi secara non-tunai dengan Gopay. Hal ini berkat kolaborasi antara Gopay, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Praja Bekasi, dan Bank BJB.

Muhammad Chairil, Head of Excellent Regional Government Relations Gojek menjelaskan, warga Banten dapat secara mudah membayar Pajak Kendaran Bermotor (PKB), sementara warga Kota Bekasi membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara non tunai melalui fitur GoTagihan yang ada di aplikasi super Gojek menggunakan saldo Gopay.

“Kolaborasi ini akan membantu memaksimalkan potensi arahan daerah Kota Bekasi dan Daerah Banten. Bank Indonesia meyakini kalau Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mengalami peningkatan signifikan hingga sama 11 % apabila pemerintah daerah memanfaatkan transaksi non-tunai, ’ujar Muhammad Chairil.

Dikatakan Chairil, hingga saat ini, sudah tersedia 14 provinsi yang memanfaatkan Gopay dan GoTagihan. Inovasi ini satu dengan instruksi pemerintah memaksimalkan transaksi non-tunai dalam transaksi keuangan. Kami berharap kerja sama kami secara Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Tanah air Bekasi, Bapenda Provinsi Banten serta Kota Bekasi serta Bank BJB ini tidak hanya akan meremehkan warga Kota Bekasi dan Daerah Banten, tetapi juga pemerintah pada mengumpulkan pajak sehingga menjadi lebih aman dan transparan.

“Inovasi ini sejalan dengan petunjuk pemerintah mengoptimalkan transaksi non-tunai tanpa kontak di masa pandemi serta membantu pemerintah dalam mengumpulkan retribusi yang lebih transparan, ”tutur Chairil.

Kemudahan pembayaran PBB GoTagihan turut dirasakan oleh umum di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Pastikan Keamanan Informasi Pengguna, GoPay Kantongi Sertifikasi ISO 27001

Begitu pula dengan kemudahan pembayaran PKB GoTagihan yang bisa dirasakan masyarakat Jawa Tengah, Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan. Tak hanya pajak, GoTagihan juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai jenis tagihan mulai dari PLN, PDAM, multifinance, hingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti tagihan telekomunikasi pascabayar, atau membeli voucher buatan digital langsung dari aplikasi dengan saldo GoPay.

Beserta Cara mudah membayar PBB & PKB lewat GoTagihan:
1. Buka Aplikasi Gojek
dua. Pilih GoTagihan
3. Pilih Icon PBB untuk pembayaran PBB Bekasi dan Icon PKB buat pembayaran PKB Banten
4. Masukkan nomor ID / bagian tagihan untuk PBB atau * kode bayar untuk PKB
5. Lakukan konfirmasi
enam. Masukkan PIN Rahasia GoPay
7. Setelah pembayaran berhasil swipe up untuk melihat detail pembayaran.

*Pelanggan dapat menelungkupkan aplikasi Sambat untuk mendapatkan Tanda bayar PKB Banten