Waspada Aplikasi TikTok Palsu

Jakarta, Selular. ID – Baru-baru ini terlihat ada aplikasi a ‘TikTok Pro’, aplikasi ini disebut-sebut sebagai TikTok palsu yang berisi spyware atau pengintai berbahaya.

Di blog resminya disebutkan, aplikasi TikTok Pro yang bisa di download di luar toko aplikasi. TikTok Pro ini beredar secara luas di luar melalui pesan Whatsapp. Mereka yang mungkin percaya bahwa ini TikTok akan download dan menginstallnya. Namun setelah di install, tidak ada icon aplikasi TikTok yang muncul di layar ponsel pintar. Alhasil mereka mungkin mengira bahwa aplikasi tersebut gagal pada install.

Tetapi di kenyataannya, aplikasi TikTok Pro itu berjalan di background. Artinya permintaan tersebut sudah berjalan namun iconnya memang sengaja tidak dimunculkan.
Disebutkan taktik notifikasi palsu tersebut digunakan untuk mengarahkan perhatian pemakai, sementara aplikasi menyembunyikan dirinya tunggal, sehingga membuat pengguna yakin bahwa ada yang tak beres secara aplikasi tersebut.

Tindakan itu termasuk mencuri pesan SMS, mengirim pesan SMS, memantau lokasi/keberadaan kamu, mengambil foto, menelepon tanpa izin, dan mencuri kredensial akun Facebook.

Baca Juga: Donald Trump Desak Induk TikTok Tinggalkan AS dalam 90 Keadaan

Karena sifat set seluler yang ada di mana-mana dan penggunaan Android yang meluas, sangat mudah bagi penyerang untuk menjadikan pengguna Android sebagai target.

Penyebabnya hadirnya TikTok palsu disebut-sebut Sebentar lagi pemakai ponsel pintar di Amerika Serikat tidak bisa lagi menggunakan TikTok. Bahkan mencarinya saja di gardu aplikasi Playstore dan Appstore tak akan ketemu.

Menuju dari situ muncul aplikasi TikTok Pro yang bisa di download di luar toko aplikasi. Bagi mereka yang masih ingin memakai TikTok mungkin berusaha mencari cara untuk mendapatkan aplikasi tersebut, termasuk TikTok Pro yang tersebar dalam internet.